Wednesday, March 11, 2015

Kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur

Kecamatan Awang merupakan salah satu kecamatan yang ada dalam wilayah administratif di Kabupaten Barito Timur dan memiliki batas wilayah sebagai berikut: 

Sebelah Utara        :  Kecamatan Paku dan Kecamatan Dusun Tengah
Sebelah Barat        :  Kecamatan Dusun Timur
Sebelah Selatan     :  Kecamatan Dusun Timur
Sebelah Timur       :  Kecamatan Patangkep Tutui

Kecamatan Awang beribukota di Desa Hayaping, dengan luas wilayah sebesar 203 km atau 5,29 persen dari luas Kabupaten Barito Timur.  Kecamatan ini terdiri atas sebelas desa dimana Desa Apar Batu merupakan desa dengan persentase wilayah terluas yakni sebesar 41 km (20,20 persen), sedangkan yang mempunyai luas desa terkecil ada 3 desa yakni Desa Biwan, Danau dan Janah Mansiwui yang masing-masing hanya 10 km2 atau hanya 4,93 persen dari luas kecamatan. Dari segi geografis ketinggian rata-rata Kecamatan Awang  59.18 mdari permukaan laut dengan kemiringan landai (< 15°) pada 5 desa yaitu Desa Janah Jari, Tangkan,  Ampari, Biwan, Danau, sementara 5 desa lainnya memiliki kemiringan sedang (15-25°), hanya Apar Batu yang melebihi 25 derajat. Hampir semua desa di Kecamatan Awang dilintasi oleh sungai seperti sungai Awang, Ampari, dan sungai kecil lainnya.
Peta Kecamatan AwangKecamatan Awang merupakan kecamatan dengan jumlah penduduk terendah ke tiga di Kabupaten Barito Timur setelah Kecamatan Paju Epat dan Karusen Janang. Jumlah penduduk Awang tahun 2013 adalah sebanyak 5.749 jiwa dari 1.617 rumah tangga, dengan kepadatan penduduk sekitar 28,32jiwa/km2. Berdasarkan jenis kelamin, penduduk Awang terdiri atas 2.985 jiwa laki-laki dan 2.764 jiwa perempuan. Perbandingan penduduk laki-laki dan perempuan menunjukkan nilai sex ratio yang lebih besar dari 100 yaitu 108.00 yang artinya bahwa pada setiap 100 penduduk perempuan di Kecamatan Awang, terdapat setidaknya 108  penduduk laki-laki. 

Dari seluruh desa di Kecamatan Awang, jumlah penduduk terendah terdapat di Desa Pianggu yaitu sebanyak 232 jiwa dan hanya menyumbangkan 4,03 persen dari total penduduk Awang. Desa dengan jumlah penduduk terbanyak terdapat di Desa Hayaping yaitu 1.326 jiwa atau 23.06 persen dari total penduduk Awang. Desa Hayaping ini juga merupakan desa terpadat dengan jumlah rumah tangga terbanyak yakni sebanyak 394 rumah tangga.Sementara jumlah rumah tangga terendah terdapat di Desa Biwan yakni sebanyak 64 rumah tangga.

Tags:

0 Responses to “Kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks