Thursday, May 21, 2015

Kecamatan Dusun Tengah

Kecamatan Dusun Tengah merupakan salah satu kecamatan dalam wilayah Kabupaten Barito Timur yang terletak di bagian timur ibukota kabupaten dan berbatasan dengan provinsi di luar Kalimantan Tengah yaitu Provinsi Kalimantan Selatan. Adapun batas wilayah kecamatan tersebut secara lengkap adalah sebagai berikut:

Sebelah utara    :  Kecamatan Raren Batuah,
Sebelah timur    :  Kalimantan Selatan,
sebelah selatan  :  Kecamatan Awang , Kec. Paku dan Kecamatan Patangkep Tutui,
sebelah barat     :  Kecamatan Pematang Karau.

Dusun TengahKecamatan Dusun Tengah memiliki  luas wilayah lebih kurang 371 km² atau 9,68 persen dari  luas Barito Timur yang terdiri dari satu kelurahan dan tujuh desa definitif, yaitu:  Saing, Rodok, Ampah Dua, Putai, Ampah Kota, Netampin, Sumber Garunggung dan Muara Awang.   Desa Muara Awang dan Netampin merupakan dua desa terluas dengan luasan masing-masing adalah 120 km² atau 32,34 persen dan 105 km² atau 28,30 persen dari luas kecamatan. Luas kedua desa tersebut mencapai 60,64 persen dari luas seluruh wilayah Kecamatan Dusun Tengah.  Secara geografis, Kecamatan ini memiliki ketinggin rata-rata 26 m dari permukaan laut dengan tingkat kemiringan landai (kurang dari 15 derajat) kecuali Desa Muara Awang yang memiliki kemiringan sedang (15-25 derajat). 

Kecamatan Dusun Tengah merupakan kecamatan dengan jumlah penduduk kepadatan tertinggi di Kabupaten Barito Timur. Jumlah penduduk pada pertengahan tahun 2013 yaitu berjumlah  24.573 jiwa, 6.318 rumah tangga, dengan kepadatan penduduk sekitar 66 jiwa/km2. Jumlah penduduk tersebut  menyumbang 22,86 persen dari total penduduk Kabupaten Barito Timur. Tingginya jumlah penduduk di Kecamatan ini disumbangkan oleh Kelurahan Ampah Kota yang juga merupakan kelurahan dengan jumlah dan kepadatan penduduk tertinggi di Kabupaten Barito Timur. Besarnya nilai sexratio penduduk Kecamatan  Dusun Tengah tahun 2013 ialah 104,28, yang dapat diartikan bahwa secara rata-rata pada setiap 100 penduduk perempuan di kecamatan ini terdapat sekitar 104 penduduk laki-laki. Kondisi ini menunjukkan bahwa secara rata-rata jumlah penduduk laki-laki lebih banyak dibandingkan jumlah penduduk perempuan. Sementara jika dilihat untuk setiap desa, hanya Desa Rodok dan Desa Ampah Dua yang memiliki nilai sex ratio kurang dari 100 (Sumber BPS Kabupaten Barito Timur 2014)

Tags:

0 Responses to “Kecamatan Dusun Tengah ”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks