Thursday, December 11, 2014

Kecamatan Pegandon

Kecamatan Pegandon 
Kabupaten Kendal

Kecamatan Pegandon merupakan bagian dari Kabupaten Kendal yang memiliki luas wilayah 31,12 Km2 atau 3.112 Ha dan terdiri dari 12 desa, 47 dukuh, 58 RW, 210 RT. Luas wilayah yang paling terbesar berada di Desa Wonosari dengan luas daerah sebesar 14,50 Km2 sedangkan yang terkecil berada di Desa Penanggulan dengan luas daerah 0,67 Km2.  Secara administrasi kecamatan ini memiliki batas wilayah sebagai berikut:
•    Sebelah Utara     :    Kecamatan  Patebon
•    Sebelah Timur    :    Kecamatan Singorojo
•    Sebelah Selatan  :    Kecamatan Gemuh
•    Sebelah Barat     :    Kecamatan Ngampel

Bentuk dasar permukaan tanah atau struktur topografi suatu kawasan merupakan sumber daya yang sangat mempengaruhi lokasi. Kecamatan Pegandon merupakan kecamatan yang terletak pada ketinggian 6 m diatas permukaan laut, dengan sebagian besar wilayah cenderung datar dan sedikit bergelombang dengan kemiringan 2 – 15 %. Kondisi tersebut mempunyai daya dukung yang potensial dalam pengembangan kegiatan perkotaan.  

Secara geologi yang berada di bagian tengah Kabupaten  kendal ini termasuk ke dalam wilayah yang dicirikan oleh adanya kompleks metamorfisme skeis dan gneis sebagai alas, yang kemudian tertindih oleh satuan batuan yang terdiri atas batuan sedimen dan batuan gunung api disamping terjadinya terobosan oleh granit dan granodiroit. Secara rinci susunan kelompok batuan yang terdapat pada wilayah ini antara lain kelompok batuan Aluvium, Formasi Damar, Lapisan Marin dan Kifas aluvium. Adapun kondisi tanahnya terdiri dari tanah berjenis aluvial yang dapat digunakan untuk kegiatan pertambakan, pertanian padi dan palawija dan juga cocok untuk permukiman, Latosol, dan juga Mediteran Coklat Kemerahan. 

Sumber daya air di Kecamatan Pegandon berupa air permukaan (sungai) dan air tanah (sumur). Secara umum kondisi sumber daya air cukup memadai karena didukung oleh adanya beberapa sungai kecil dan kedalaman air tanah yang memadai untuk mendukung kebutuhan air bersih masyarakat. Selain itu juga untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kecamatan Pegandon sebagian besar penduduk memperoleh supply dari PDAM, sebagian kecil sumur gali dan pompa.

Tags: ,

0 Responses to “Kecamatan Pegandon ”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks