Monday, January 12, 2015

Rafting / Arung Jeram


Rafting
Petualangan merupakan salah satu kegiatan yang banyak digemari oleh masyarakat akhir-akhir ini. Bermula dari gencarnya acara bertema petualangan di televisi membuat banyak masyarakat ingin melakukannya sebagai pembuktian kemampuan atau hanya sekedar hiburan semata, setelah lelah melakukan rutinitas pekerjaan sehari-hari. Salah satu kegiatan petualangan yang booming akhir-akhir ini adalah kegiatan arung jeram atau rafting.

Jika anda orang desa dan dekat dengan sungai besar, kegiatan rafting tidak jauh berbeda dengan kegiatan yang dilakukan anda waktu kecil yaitu praon atau getekan.  Hanya saja kalau anak-anak jaman dulu menggunakan batang pohon pisang (gedebog), rakit bambu, kayu dan lain sebagainya, sekarang lebih modern lagi karena menggunakan perahu karet.  Adapun secara ilmiah, istilah rafting atau arung jeram diartikan sebagai kegiatan mengarungi sungai menggunakan perahu dengan mengandalkan kemampuan mendayung.

Arung JeramKegiatan rafting yang dikelola secara profesional, memiliki beberapa standar keselamatan yang mengacu pada Internasional Rafting Federation (IRF) seperti jenis perahu yang digunakan, pengaman pribadi seperti pakaian, helm dan lain sebagainya juga adanya instruktur yang harus mengawasi. Di Indonesia sendiri, kegiatan arung jeram atau rafting menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan masyarakat. Adanya potensi berupa sungai-sungai yang memiliki jeram dengan karakteristik tertentu membuat banyak bermunculan tempat-tempat wisata arung jeram. Untuk melakukan arung jeram, peserta dituntut memiliki keberanian dan kemampuan fisik yang memadai. Oleh karena itu di beberapa tempat manula dan anak-anak kecil dibatasi untuk ikut dalam kegiatan ini.

Tags:

0 Responses to “Rafting / Arung Jeram”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks