Thursday, May 28, 2015

Kawasan Wisata Candi Agung Amuntai

Kawasan Wisata Candi Agung Amuntai

Candi Agung
Amuntai yang nerupakan pusat kota dan pusat pemerintahan Kabupaten Hulu Sungai Utara Provinsi Kalimantan Selatan ternyata memiliki salah satu atraksi wisata sejarah yang cukup terkenal yaitu Kawasan Wisata Candi Agung Amuntai. Jangan membayangkan candi yang ada di di kawasan Sungai Malang, kecamatan Amuntai Tengah ini seperti candi-candi yang ada di Pulau Jawa terutama di Jawa Tengah dan Yogyakarta yang penuh dengan ornamen batu vulkanis. Bangunan utama Candi Agung Amuntai terbuat ini didominasi oleh batu dan kayu yang cukup kuat.

Candi Agung diperkirakan adalah peninggalan dari Kerajaan Hindu , Negara Dipa Khuripan yang berdiri sekitar tahun 1438 Masehi. Meskipun sudah berusia ratusan tahun, namun material utama penyusun candi ini masih kuat.  Berdasarkan catatan sejarah, Candi Agung Amuntai dibangun oleh Empu Jatmika yang berasal dari Kerajaan Kaling yaitu sebuah kerajaan yang diperkirakan ada di Pulau Jawa.  Kerajaan Negara Dipa Khuripan inilah yang di kemudian hari melahirkan Kerajaan Daha di Negara dan Kerajaan Banjarmasin

Dikomplek Kawasan Wisata Candi Agung Amuntai tersebut juga terdapat peninggalan sejarah yang lain, yaitu : Tiang Mahligai, Tiang Sembilan, tempat pertapaan Pangeran Suryanata, juga benda bersejarah temuan para arkeolog di lokasi tersebut seperti fragmen bunga teratai, guci China, dan aneka tembikar bertuliskan huruf China.
Warung Candi Agung

Meskipun obyek wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, tetapi berdasarkan penelusuran dan pengamatan lapangan kondisinya belum terawat secara maksimal. Di jalan masuk menuju area wisata ini terdapat lapak-lapak PKL yang belum tertata secara rapi. Selain itu fasilitas pendukung yang ada seperti jaringan jalan masuk (main enterance) dan sarana penunjangnya seperti trotoar, drainase, taman bahu jalan, areal parkir dan lain sebagainya perlu di tata ulang sesuai dengan kondisi riil di lapangan serta kebutuhan masyarakat yang beraktivitas di sana.

Tags:

0 Responses to “Kawasan Wisata Candi Agung Amuntai”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks