Friday, January 17, 2014

Kecamatan Karusen Janang

 Kecamatan Karusen Janang 


 Peta Karusen Janang
Kecamatan Karusen Janang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Barito Timur yang memiliki luas wilayah 178 km2 dan menjadi kecamatan yang terkecil dibandingkan dengan sembilan kecamatan lainnya yang ada. Kecamatan ini terdiri dari 7 desa/ kelurahan yaitu: Dayu dengan luas 73 Km2, Wuran dengan luas 20 Km2, Ipu Mea dengan luas 27 Km2, Simpoang Naneng dengan luas 24 Km 2, Lagan dengan luas 14 km2, Putut Tawuluh dengan luas 15 Km2 dan Kandris dengan Luas 15 Km2.
Adapun batas wilayah dari Kecamatan Karusen Janang adalah sebagai berikut:
1.    Sebelah Utara       :  Kecamatan Paku dan Kecamatan Pematang Karau
2.    Sebelah Selatan    :  Kecamatan Paju Epat dan Kecamatan Dusun Timur
3.    Sebelah Timur      :  Kecamatan Paku dan Kecamatan Awang
4.    Sebelah Barat       :   Kecamatan Pematang Karau
5.   
Desa-desa di Kecamatan ini memiliki ketinggian yangberbeda-beda dengan kemiringan landai kurang dari 15 derajat. Desa dengan ketinggian tertinggi adalah Desa Lagan yaitu 43 meter dari permukaan laut,sedangkan desa dengan ketinggian terendah adalah Desa Ipu Mea yaitu 14meter dari permukaan laut. 

Pada pertengahan tahun 2013 jumlah penduduk Kecamatan ini berjumlah  4.730 jiwa. Jumlah ini merupakan terendah kedua di Kabupaten Barito Timur setelah Kecamatan Paju Epat, dimana Karusen Janang hanya menyumbangkan 4,41 persen dari total jumlah penduduk. Demikian pula untuk rumah tangga, Kecamatan ini memiliki jumlah rumah tangga terendah kedua yakni sebanyak 1.255 rumah tangga dengan rata-rata anggota rumah tangga sekitar 3–4  jiwa. 

Masyarakat Kecamatan Karusen Janang sebagian besar masih mengandalkan sektor pertanian sebagai mata pencaharian utama. Adapun komoditi hasil pertanian yang cukup menonjol di kecamatan ini antara lain: padi sawah, padi ladang, ubi kayu, ubi jalar, sayur-sayuran berupa terong, kacang panjang, ketimun, bayam dan lain sebagainya. Sementara pada subsektor perkebunan, karet masih menjadi komoditas dengan produksi tertinggi dibandingkan komoditas perkebunan lainnya.

Industri yang ada di kecamatan ini berupa Industri kecil dan kerajinan rumah tangga yang bergerak dibidang pengolahan kayu (pembuatan kusen, pintu, dan jendela), industri pengolahan logam pembuatan parang, industri makanan, dan industri pengolahan arang.

Keberadaan sarana ekonomi seperti pasar, toko/warung, dan rumah makan berperan penting sebagai tempat perputaran uang, barang, dan jasa yang di butuhkan oleh masyarakat khususnya di Kecamatan Karusen Janang. Pada tahun 2013, di Kecamatan Karusen Janang terdapat 4 desa yang memiliki pasar dengan bangunan permanen yaitu Desa Dayu, Wuran, Ipu Mea, dan Desa Lagan. Sementara jumlah toko/warung kelontong tahun 2013 mengalami penurunan sebanyak 9 unit dari tahun sebelumnya menjadi 53 unit yang tersebar di seluruh desa

Tags:

0 Responses to “Kecamatan Karusen Janang ”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks