Sunday, January 26, 2014

Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara

Kecamatan Pakis Aji
Kecamatan Pakis Aji merupakan salah satu kecamatan baru yang ada di Kabupaten Jepara, yang terbentuk berdasarkan Perda Nomor 17 Tahun 2007 sebagai hasil pemekaran Kecamatan Mlonggo yang beribukota kecamatan di Desa Lebak. Adapun batas administratif dari kecamatan Pakis Aji adalah sebagai berikut :

Sebelah Utara        : Kecamatan Bangsri dan Mlonggo
Sebelah Selatan     : Kecamatan Tahunan dan Batealit
Sebelah Barat        : Kecamatan Jepara
Sebelah Timur       : Kecamatan Kembang

Luas Wilayah Kecamatan ini sekitar 6.055,897 ha dan terbagi dalam 8 desa, yaitu mambak, Bulungan, Lebak, Tanjung, Plajan, Suwawal Timur, Kawak dan Slagi. Ditinjau dari ketinggiannya, letak Kecamatan Pakis Aji berada pada ketinggian 100-1500 m dpl dari permukaan air laut. Jenis tanah yang terdapat di kecamatan yang terkenal karena adanya bumi perkemahan tersebut merupakan jenis tanah latosol merah dan coklat, sedangkan secara geologi mempunyai jenis batuan mengandung Leucin. Secara klimatologi Kecamatan Pakis Aji mempunyai hari hujan sebanyak 98 hari hujan/tahun dengan curah hujan 2466 mm/tahun.

Penggunaan lahan pada kecamatan ini bervariasi. Penggunaan lahan terbesar yaitu untuk lahan kering (bangunan halaman sekitar, tegal, Padang Rumput, Tambak, Kolam, Sementara tidak diusahakan, Tadah hujan, Pasang surut, lebak, polder) yaitu sebesar 4573,766 Ha. Sedangkan sisanya untuk lahan sawah (Pengairan teknis, pengairan ½ teknis, pengairan sederhana PU, Pengairan non PU, Tadah hujan). 

Beberapa potensi perekonomian yang dimiliki oleh Kecamatan Pakis Aji yaitu: keberadaan Bumi Perkemahan dan kampung teknologi di desa Suwawal Timur, sentra mebel hampir di semua desa, obyek wisata pegunungan di Desa Plajan dan potensi pertanian maupun perkebunan yang ada di semua desa. Selain itu, kecamatan yang sebelah timurnya berupa kawasan pegunungan ini juga memiliki potensi di bidang peternakan yang sudah cukup terkenal di kabupaten Jepara.

Tags:

0 Responses to “Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks