Friday, October 9, 2015

Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur

Kecamatan Paju Epat
Kecamatan Paju Epat merupakan kecamatan di Kabupaten Barito Timur yang memiliki luas 664,30 km2 atau 17,33 % dari luas Kabupaten Barito Timur. Adapun batas dari kecamatan yang merupakan kecamatan dengan luasan terbesar ke dua di kabupaten barito Timur ini antara lain:
Sebelah Utara     : Kecamatan Pematang Karau dan Kecamatan Karusen Janang
Sebelah Timur    : Kecamatan Dusun Timur
Sebelah Selatan  : Kabupaten Barito Selatan
Sebelah Barat     : Kabupaten Barito Selatan

Kecamatan Paju Epat terbagi dalam sembilan desa, yaitu Telang, Murutuwu, Balawa, Maipe, Telang Baru, Juru Banu, Tampu Langit, Siong dan Kalinapu. Desa Telang merupakan desa terluas dengan luas wilayah 171,55 km2 atau 25,82 % dari luas kecamatan yang juga merupakan ibukota kecamatan.

Kecamatan yang berada di sebelah barat daya Kabupaten Bartim ini rata-rata berada di ketinggian 20 m dari permukaan laut dengan rata-rata kemiringan lahan yang landai (< 15°) sehingga cocok untuk dikembangkan sebagai kawasan budidaya (permukiman, perkantoran, industri, perdagangan dan jasa, pertanian, peternakan dan lain sebagainya. Pada umumnya desa-desa di Kecamatan Paju Epat dilintasi oleh sungai sehingga transportasi di beberapa desa bisa melalui jalur darat dan sungai.

Dilihat dari jumlah dan kepadatan penduduknya, Kecamatan Paju Epat merupakan kecamatan yang memiliki jumlah dan kepadatan penduduk terendah di Kabupaten Barito Timur. Pada tahun 2013, jumlah penduduk di di kecamatan ini berjumlah 4.394 jiwa yang terdiri atas 2.325 jiwa laki-laki dan 2.069 jiwa perempuan. Jumlah penduduk tersebut menyumbang 4,10 persen terhadap total penduduk Barito Timur. Desa dengan jumlah penduduk tertinggi ialah Desa Telang Baru yaitu 933 jiwa atau 21,23 % dari total penduduk Paju Epat, sedangkan desa dengan jumlah penduduk terendah ialah Desa Kalinapu yaitu 160 jiwa atau 3,64 persen penduduk Paju Epat. 

Di kecamatan ini juga terdapat beberapa potensi wisata antara lain: Wisata Kebun Anggrek  dan Lewu Hante di Desa Siong serta Makam Suta Ono ( Tamak Mas) Desa Telang

Tags:

0 Responses to “Kecamatan Paju Epat Kabupaten Barito Timur”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks