Tuesday, October 13, 2015

Kecamatan Brangsong

 Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal


Kecamatan Brangsong merupakan salah satu kecamatan dari 20 kecamatan yang ada pada Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah. Letak geografis Kecamatan yang dilewati Jalan Pantura Jawa ini berada pada 1° 08’ 00”  - 1° 20’ 00” LS dan 109° 2’ 24”  - 110° 09’ 48” BT. Kecamatan Brangsong memiliki batas-batas wilayah antara lain :

Sebelah Utara       :   Laut Jawa
Sebelah Selatan    :   Kecamatan Kaliwungu Selatan dan Kecamatan Ngampel
Sebelah Timur      :   Kecamatan Kaliwungu
Sebelah Barat       :   Kecamatan Kendal dan Kecamatan Ngampel

Kecamatan Brangsong memiliki luas wilayah mencapai 35,54 Km2  atau 3.554 Ha  yang terdiri dari 12 buah desa yaitu Tunggulsari, Sumur, Penjalin Kertomulyo, Blorok, Sidorejo, Tosari, Rejosari, Turunrejo, Purwokerto, Brangsong, dan Kebonadem. Dari seluruh desa yang ada, Desa Turunrejo merupakan desa yang terluas dengan luas wilayah sebesar 885 Ha. Sedangkan desa yang memiliki luasan terkecil adalah Desa Tosari yang hanya memiliki luas wilayah sebesar 93 Ha.

Peta Kecamatan BrangsongKondisi topografi Kecamatan Brangsong memiliki kemiringan yang cenderung datar antara 0% - 20%. Pada Desa Turunrejo dan Purwokerto yang berada pada area bibir pantai memiliki kemiringan lahan 0% - 2%. Sebagian besar wilayah Desa Turunrejo dan Purwokerto memiliki kemiringan 3% - 7%. Desa Rejosari, Brangsong, Kebonadem, Sidorejo, Tosari, Kertomulyo, Penjalin, sebagian Desa Tunggulsari dan sebagian Desa Sumur memiliki kemiringan 8% - 13%. Sebagian lagi pada Desa Tunggulsari dan Sumur memiliki kemiringan 14% - 20%.

Kecamatan ini memiliki empat jenis hidrologi yang tersebar di beberapa desa. Pada Desa Turunrejo  sebagian  kecil wilayahnya yang menjorok ke  arah  laut memiliki jenis akuifer produktif dengan penyebaran luas & daerah penggaraman. Jenis akuifer produktif dengan dengan penyebaran luas terdapat pada sebagian besar wilayah Desa Turunejo, Desa Purwokerto, Desa Rejosari, dan sebagian wilayah Desa Brangsong. Jenis akuifer produkif sedang dengan penyebaran luas terdapat pada sebagian wilayah Desa Brangsong, sebagian besar wilayah Desa Kebonadem, Desa Tosari, Desa Kertomulyo, dan sebagian wilayah Desa Tunggulsari. Jenis akuifer produktif dan setempat terdapat pada Desa Blorok, Desa Penjalin, sebagian besar wilayah Desa Tunggulsari dan Desa Sumur.

Jalur air yang besifat primer pada Kecamatan Brangsong terdapat dua buah sungai. Sungai yang pertama adalah Sungai Blorong yang terdapat pada batas barat wilayah Brangsong. Sungai yang kedua adalah Sungai Waridin yang terdapat pada batas timur.


Tags: ,

0 Responses to “Kecamatan Brangsong”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks