Thursday, January 21, 2010

Kabupaten Kendal

Kabupaten Kendal


Kabupaten Kendal
 Letak Administrasi Kabupaten Kendal
Kabupaten Kendal merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kota Semarang sebagai Ibukota Provinsi Jawa Tengah. Secara geografis letak Kabupaten ini berada pada posisi 109º 40’ - 110º 18’ Bujur Timur dan 6º 32’ - 7º 24’ Lintang Selatan dan secara administratif  berbatasan dengan:
Sebelah Utara     : Laut Jawa
Sebelah Timur    : Kota Semarang
Sebelah Selatan  : Kabupaten Semarang dan Kabupaten Temanggung
Sebelah Barat     : Kabupaten Batang

Ditinjau dari letaknya di Pulau Jawa wilayah kabupaten yang berada di kawasan pesisir laut Jawa inil berada pada posisi yang strategis karena berada pada Jalur Pantai Utara (Pantura) yang menghubungkan antara Jakarta dan Surabaya. Kabupaten ini terdiri dari 20 kecamatan, 286 desa, 1.139 dukuh, 1.487 RW, 6.375 RT,   dengan luas total wilayah adalah 1.002,23 Km2

Topografi Kabupaten Kendal
Kabupaten  yang berbatasan dengan semarang ini memiliki topografi yang sangat beragam, yaitu topografi datar sampai dengan topografi curam. Kecamatan Rowosari merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Kendal yang mempunyai topografi datar yaitu 0-2%. Kecamatan yang memiliki topografi curam yaitu sebagian Kecamatan Plantungan, Kecamatan Sukorejo, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kecamatan Singorojo, Kecamatan Limbangan.

Curah Hujan Kabupaten kendal
Curah hujan yang ada dimulai dari curah hujan < 1500 mm/th sampai dengan >2500 mm/th. Kecamatan yang memiliki tingkat curah hujan rendah yaitu sebagian Kecamatan Rowosari, Kecamatan Weleri, Kecamatan Ringinarum, dan Kecamatan Kangkung

Jenis dan tekstur Tanah Kabupaten Kendal
Apabila dilihat dari jenis dan tekstur tanahnya  kabupaten ini memiliki variasi jenis tanah yang cukup beragam antara lain sebagai berikut:
  1. Alluvial, jenis tanah ini bersifat hidromorf dan berwarna kelabu, coklat dan hitam. Jenis tanah ini dapat ditemui di wilayah Kecamatan Cepiring, Patebon, Kecamatan Brangsong, sebagian Kecamatan Weleri, Gemuh, Kecamatan Pegandon, Brangsong dan Kaliwungu.
  2. Latosol, tanah ini berwarna netral sampai asam berwarna coklat, coklat kemerahan sampai merah. Jenis tanah ini dapat ditemui di wilayah Kecamatan Limbangan, Singorojo, Pegandon, Gemuh, Weleri, Plantungan, Sukorejo, Boja, Pageruyung, Patean dan sebagian Kecamatan Kaliwungu.
  3. Andosol dan Regosol, jenis tanah ini bersifat netral sampai asam dengan warna putih, coklat kekuning – kuningan, coklat atau kelabu serta hitam. Jenis tanah ini meliputi Kecamatan Plantungan dan Sukorejo.
  4. Mediteran Coklat Kemerahan, tanah ini merupakan jenis tanah peralihan antara alluvial dan latosol, bersifat agak netral dengan warna merah sampai coklat. Jenis tanah ini meliputi Kecamatan Gemuh, Pegandon dan Kecamatan Kaliwungu
Peta Kab Kendal
Kondisi Hidrologi Kabupaten Kendal
Suplai air tanah maupun air tawar seluruhnya datang dari hujan yang berasal dari penguapan air laut, yang merupakan bagian dari proses siklus hidrologi. Hujan yang jatuh akan meresap ke dalam tanah, sebagian menjadi air tanah yang mengisi aquifer (formasi tanah yang mengandung dan menghantarkan air tanah) dan sebagian besar mengalir di permukaan sebagai run off (surface flow dan sub surface flow). Kabupaten Kendal memiliki sekitar 20 mata air dengan debit yang beraneka ragam. Mata air yang ada tersebut pada umumnya terletak di Kecamatan Sukorejo, Plantungan, Singorojo, Limbangan, dan Patehan

Tags: ,

0 Responses to “Kabupaten Kendal”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks