Monday, April 12, 2010

Launching PLPBK Se-Jawa Tengah di Desa Plajan Jepara

Launching PLPBK Se-Jawa Tengah di Desa Plajan Jepara


Program Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) merupakan salah satu tahapan intervensi dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) Perkotaan yang bertujuan untuk mewujudkan lingkungan hunian yang tertata, rapi, teratur bersih dan indah. Pada Tahun 2010 di seluruh Indonesia terdapat 168 Desa/Kelurahan yang melaksanakan PLPBK, dan dari 255 desa/kelurahan tersebut, 157 diantaranya berada di Propinsi Jawa Tengah yang tersebar di 18 kabupaten/kota. 

Berkaitan dengan pelaksanaan PLPBK tersebut, pada hari ini Minggu (11/4/2010) dilaksanakan launching pelaksanaan PLPBK Se-Jawa Tengah yang dilakukan oleh Gubernur Bibit Waluyo. Dalam kegiatan launching PLPBK yang dipusatkan di Desa Plajan tersebut, selain dihadiri oleh Gubernur Jawa tengah, Bupati Jepara dan Muspida/Forkominda Kabupaten Jepara juga dihadiri oleh pejabat dari Kementrian Pekerjaan Umum, serta 18 Bupati/Walikota yang akan melaksanakan kegiatan PLPBK.  Untuk melaksanakan kegiatan PLPBK tersebut, setiap desa/kelurahan akan mendapatkan Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) sebesar Rp 1 Milyar yang berasal dari APBN. 

Di dalam kegiatan Launching PLPBK tersebut, Gubernur Bibit Waluyo dalam sambutan tanpa teksnya menyampaikan bahwa Program yang dicanangkan oleh Kementrian Pekerjaan Umum  ini sejalan dengan program Bali Ndesa Mbangun Ndesa yang Beliau  canangkan selama ini khususnya untuk pembangunan di Jawa Tengah.  

Dalam kegiatan Launching tersebut ditampilkan juga beragam hasil kegiatan masyarakat yang difasilitasi PNPM Mandiri Perkotaan Kabupaten Jepara berupa foto pelaksanaan kegiatan infrastruktur, hasil kerajinan tangan serta makanan/minuman yang dihasilkan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). 

Tags:

0 Responses to “Launching PLPBK Se-Jawa Tengah di Desa Plajan Jepara”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks