Saturday, February 11, 2017

Museum Lewu hante

Museum Lewu hante


Museum Lewu hanteMuseum Lewu Hante merupakan salah satu museum yang menjadi obyek wisata unggulan di Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah. Museum yang terletak di perbatasan provinsi kalimantan selatan dengan provinsi kalimantan tengah ini berada di wilayah Kelurahan taniran Kecamatan Banua Lima.  Di depan museum terdapat sebuah tugu Perbatasan provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan dengan patung Burung Manengang atau burung Enggang yang merupakan ciri khas Pulau Kalimantan di puncaknya. Apabila kita ingin ke sana melalui Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, kita harus menempuh perjalanan kurang lebih 5 jam dengan melewati beberapa kota seperti Kandangan dan Amuntai.

Menurut penuturan penduduk sekitar, Lewu Hante memiliki arti rumah besar atau rumah betang dalam bahasa Dayak Manyan.  Rumah betang adalah rumah adat khas Kalimantan yang terdapat diberbagai penjuru Kalimantan dan dihuni oleh masyarakat Dayak terutama di daerah hulu sungai yang biasanya menjadi pusat pemukiman suku Dayak.  Objek wisata yang memiliki luas keseluruhan 2 hektar  ini memiliki 2 replika rumah betang di mana salah satu nya di pakai untuk museum. Meskipunrumah betang ini merupakan replika dan tidak di huni, tetapi hampir nyerupai rumah betang asli yang di huni oleh suku dayak di daerah pedalaman Kalimantan. Di halaman museum ini juga terdapat taman yang luas untuk bersantai yang di lengkapi dengan beberapa replika - replika gambaran yang bermotif dayak, beberapa kafe yang ada di pinggir museum, serta adanya patung “upu dengan wawei” yang berarti laki – laki dan perempuan yang ada di depan panggung
Museum Lewu hante
Apabila kita masuk ke dalam  museum  Lewu Hante  yang berada di Kota Tamiyang Layang ini, kita akan menjumpai barang barang bersejarah seperti : bangah (guci kuno), piring malawen, tombak khas dayak, mandau, pistol kuno, samurai, gong dan beberapa alat musik lainnya. Semua barang-barang tersebut merupakan peninggalan sejarah yang sampai dengan saat ini diselamatkan dan disimpan untuk menunjukkan betapa kayanya budaya Suku Dayak pada masa lampau.

Bagaimana ? penasaran untuk berkunjung ke museum yang cukup terkenal ini? Semoga setelah berkunjung ke sana kita makin bangga dengan kekayaan budaya negara kita Indonesia tercinta.



Tags:

0 Responses to “Museum Lewu hante”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks