Thursday, December 3, 2015

Desa Tlogopayung Kecamatan Plantungan

Desa Tlogopayung Kecamatan Plantungan 


Balai Desa Tlogopayung
Balai Desa Tlogopayung  Kecamatan Plantungan
Letak Geografis Desa Tlogopayung
Desa yang terletak di daerah pegunungan ini memiliki luas lahan  nomor dua pada Kecamatan Plantungan, yaitu sekitar 6,24 Km2 atau sebesar 12,77%. Desa Tlogopayung terletak pada tengah-tengah Kecamatan Plantungan, dengan batas-batas sebagai berikut:
Batas utara    : Desa Wonodadi
Batas timur    : Desa Wonodadi, Desa Manggungmangu dan Desa Kediten
Batas selatan     : Desa Kediten dan Desa Blumah
Batas barat    : Kabupaten Batang dan Desa Blumah

Kondisi Fisik Alam Desa Tlogopayung

Topografi atau kelerengan pada Desa Tlogopayung terdiri dari berbagai macam, mulai dari landai pada bagian utara hingga curam pada bagian selatan. Berdasarkan kondisi eksisting pada bagian selatan Desa tolgopayung diperuntukan sebagai tegalan dan perkebunan. Hal tersbut didukung dengan jenis tanah yang ada pada bagian selatan Desa tersebut, yaitu asosiasi andosol. Kemudian pada bagian utara memilki kelerengan mulai dari landai (8-15%) hingga agak curam (15-25%). Pada bagian utara sebagian besar lahan digunakan sebagai kebun dan pertanian dan beberapa pusat aktivitas permukiman. Jenis tanah yang ada pada bagian utara Desa Tlogopayung adalah latosol coklat, dimana jenis tanah ini cocok untuk dijadikan sebagai kawasan pertanian.
Berdasarkan data diatas, diketahui bahwa Desa Tlogopayung memiliki kesesuaian lahan sebagai kawasan penyangga pada bagian selatan dan didmonasi kawasan budidaya pada bagian uatara. Desa Tlogopayung yang didominasi oleh kawasan budidaya sehingga cocok dikembangkan untuk pembangunan permukiman dan pembangunan sarana prasarana lainnya.

Sarana-Prasarana Desa Tlogopayung
Sarana pendidikan yang terdapat di desa ini sebanyak 7 unit, yang terdiri dari 1 unit PAUD yang SDN 1 Tlogopayungberlokasi di pikatan RT 001/004, 1 unit TK yang berlokasi di pikatan RT 001/004, 3 unit SDN/MI yaitu SDN 01, SDN 02 pikatan 001/004 dan SDN 03 bawukan RT 01/007, 1 unit SMP/MTS yang berlokasi di pikatan RT 002/ RW 004 dan 1 unit SMA yang berlokasi di pikatan RT 002/ RW 004.
Sarana kesehatan yang ada sebanyak 6 unit yang terdiri 1 PUS-TU yang berlokasi di pikatan RW 004, 3 unit dukun bayi yang berlokasi di tlogo dan pikatan, dan 2 unit bidan yang berlokasi di pikatan RT004 dan tlogo RW 003.
SDN 3 TlogopayungDesa tlogopayung memiliki  sarana peribadatan sebanyak 33 unit yang terdiri dari 8 unit masjid yang berlokasi di Tlogobaru, Tlogo, Kepayak, Pikatan Soban, Kalenggan, Bawukan, dan Watupaynung dan 25 unit musholla. Sarana perdagangan yang terdapat di desa ini hanya   2 unit yaitu 1 unit penggilingan padi dan 1 unit usaha lainnya.
Di Tlogopayung terdapat beberapa unit lapangan diantaranya adalah 1 unit lapangan sepakbola yang terletak pada dusun pikatan rt 01/ rw 04, 4 unit lapangan bola volly yang terletak di dusun tlogo, pikatan, kalenggangan dan dusun bawukan, dan 2 unit lapangan bulu tangkis yang berlokasi di dusun pikatan. Selain itu terdapat pula 2 unit pemakaman yang berlokasi di dusun pikatan.

Tags: ,

0 Responses to “Desa Tlogopayung Kecamatan Plantungan ”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks