Monday, July 4, 2011

Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal

Kecamatan Kaliwungu Selatan


Kaliwungu Selatan
Kecamatan Kaliwungu Selatan merupakan salah satu kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Kendal  yang mempunyai tujuh desa yaitu Desa Kedungsuren, Desa Jerukgiling, Desa Darupono, Desa Protomulyo, Desa Magelung, Desa Plantaran, dan Desa Sukomulyo yang luas wilayahnya yaitu 65,19 km2. Secara administrasi,  batas dari Kecamatan Kaliwungu Selatan adalah berikut :
- Sebelah Utara         : Kecamatan Kaliwungu
- Sebelah Selatan : Kecamatan Singorojo
- Sebelah Barat     : Kecamatan Brangsong
- Sebelah Timur    : Kota Semarang

Ketinggian rata-rata Kecamatan Kaliwungu Selatan dari permukaan air laut adalah 12 meter. Klimatologi di Kecamatan Kaliwungu Selatan sebagian besar curah hujannya banyak terjadi pada bulan januari dan februari. Pada tahun 2009 curah hujannya sejumlah 59 mm dengan rata - rata tiap Bulan 5 mm.

Ditinjau dari jenis tanahnya, yang terdapat di wilayah perencanaan adalah 
  • Alluvial, jenis tanah ini bersifat hidromorf dan berwarna kelabu, coklat dan hitam. Produktifitas tanah ini dari rendah sampai tinggi dan digunakan untuk pertambakan, pertanian padi dan palawija, serta permukiman.
  • Latosol, tanah ini berwarna netral sampai asam berwarna coklat, coklat kemerahan sampai merah. Produktifitasnya sedang sampai tinggi dan digunakan untuk lahan pertanian padi, tembakau dan perkebunan.
  • Mediteran Coklat Kemerahan, tanah ini merupakan jenis tanah peralihan antara alluvial dan latosol, bersifat agak netral dengan warna merah sampai coklat. Produktifitasnya sedang sampai  tinggi dan biasa digunakan untuk sawah, tegal, kebun buah – buahan, padang rumput dan permukiman.

Dari ketujuh desa di Kecamatan Kaliwungu Selatan, sebagian besar wilayahnya merupakan rawan akan bencana. Rawan bencana ini dapat berupa tanah longsor dan banjir yang disebabkan adanya kondisi topografi dan adanya pengaruh iklim. 

Di Kecamatan tersebut terdapat kawasan rawan banjir yang berada di Desa Protomulyo, Desa Plantaran, dan di Desa Magelung. Banjir di desa Protomulyo tepatnya berada di sungai berbatasan dengan Krajan Kaliwungu, sedangkan di Desa Plantaran tepatnya di pertigaan jalan Gladagsari ke Boja (Pasar Gladag) sampai ke pertengahan jalan menuju sawah yang diakibatkan pendangkalan sungai Aji Bawah serta pada Desa Magelung tepatnya berada sedikit di Karangsari.

Tags: ,

0 Responses to “Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks