Wednesday, June 10, 2015

Wedang Ronde

wedang ronde
Wedang Ronde
Bagi pembaca yang tinggal atau setidaknya pernah tinggal di sekitar Jawa Tengah dan Yogyakarta, pasti tidak asing dengan minuman penghangat tubuh yang berbama Wedang Ronde ini. Minuman hangat dengan rasa jahe ini  menjadi salah satu sajian favorit saat musim penghujan tiba. 

Wedang Ronde sebenarnya merupakan makanan tradisional China yaitu Tangyuan yang kemudian diadaptasikan ke dalam kuliner Jawa. Tangyuan sendiri sebenarnya merupakan metafora dari reuni keluargakarena selalu disajikan dalam perkumpulan keluarga, misalnya saat pesta pernikahan. Makanan ini terbuat dari tepung ketan yang diberi air dan dibentuk menjadi bulatan besar atau kecil, terkadang diberi isi, namun seringkali tangyuan tampil polos. Bola-bola tepung ketan ini lantas direbus hingga matang dan disantap bersama kuahnya yang manis.

Kuah ronde biasanya terbuat dari rebusan ekstrak jahe, dan aneka rempah-rempah lainnya seperti kayu manis, cengkeh dan daun pandan serta pemanis dari gula batu dan gula merah. Di setiap  daerah, wedang ronde bisa disajikan dalam beberapa versi,  tergantung kebiasaan makanan serta lidah masing masing daerah. Ada yang menyajikan wedang ronde yang berisi jahe lalu di campur dengan tape ketan hitam. Ada lagi yang di tambahkan susu kental manis agar lebih menggoda rasanya. Ada lagi yang menambahkan kolang-kaling dan roti tawar untuk pengganjal perut.

Adapun beberapa manfaat yang kita dapatkan dari mengkonsumsi Wedang Ronde antara lain: menghangatkan badan, menyembuhkan penyakit tenggorokan, mengatasi mabuk kendaraan, meningkatkan stamina tubuh, mencegah masuk angin, meningkatkan sistem imunitas tubuh, mengurangi pusing ataupun sakit kepala dan mengatasi perut kembung.



Katagori:
Minuman  Buah Elektrolit  Kesehatan  Soda  Tradisional  Teh 
Makanan Buah  jajanan Kesehatan Kue Mie Tradisional

Tags: ,

0 Responses to “Wedang Ronde”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks