Sunday, June 21, 2015

Puncak Suroloyo



Puncak Suroloyo
Puncak Suroloyo
Puncak Suroloyo adalah puncak tertinggi dari Pegunungan Menoreh dengan ketinggian 1.019 mdpl  yang menjadi salah satu daya tarik wisata di Kabupaten Kulon Progo. Puncak Suroloyo merupakan salahh satu tempat yang disakralkan oleh masyarakat jawa karena adanya peninggalan sejarah dari Raja Mataram. Puncak Suroloyo terletak di Dusun Keceme Desa Gerbosari Kecamatan Samigaluh  Kabupaten Kulon Progo dengan  koordinat 07038’49,3” Lintang Selatan dan 110010’45,9” Bujur Timur. 

Puncak SuroloyoUntuk mencapai ke kawasan wisata tersebut, kita diharuskan melewati jalan-jalan yang berliku dengan pemandangan sebelah kanan tebing curam dan sebelah kiri jurang  yang memiliki lebar rata-rata 4-5 meter.  Sedangkan jalan menuju ke puncak  berupa jalan menanjak lebih dari 150 meter,  melalui 286 anak tangga dengan sudut kemiringan antara 30-60 derajat.  Sampai di puncak, kita akan disuguhi pemandangan alam yang cukup eksotis melalui tiga gardu pandang yang dikenal dengan nama “pertapaan”, yaitu Suroloyo, Sariloyo, dan Kaendran.   Pertapaan Suroloyo berbentuk sebidang tanah datar dengan ukuran 7 x 15 meter Persegi  yang diyakini sebagai tempat pertapaan Sultan Agung pada saat menerima wangsit untuk menjadi penguasa tanah Jawa. 

Puncak SuroloyoDari Puncak Suroloyo,  kita akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan yaitu Kota Magelang dengan Candi Borobudurnya di sebelah utara, Kota Yogyakarta hingga Candi Prambanan dan Boko di sebelah tenggara, kokohnya Gunung Merapi dan Merbabu di timur laut serta Gunung Sindoro Sumbing di sebelah barat laut.  Dari sini pula kita bisa menikmati indahnya sunrise dan sunset yang sangat menawan, terutama jika cuaca sedang cerah.

Fasilitas wisata yang ada di Suroloyo saat ini antara lain tempat parkir, warung makan, pendopo, panggung terbuka dan toilet.  Beberapa hal yang perlu dijadikan referensi bagi pengelola dalam mengembangkan lokasi tersebut antara lain perlunya perluasan lahan parkir agar bisa menampung kendaraan pengunjung lebih banyak, peningkatan pengawasan di pendopo puncak suroloyo, karena banyaknya wisatawan yang mengotori tempat tersebut dengan sampah maupun tulisan-tulisan serta fasilitas penunjang wisata yang lain seperti area outbound, tracking,  flying fox, wisata agro  dan lain sebagainya.

Tags:

1 Responses to “Puncak Suroloyo”

APK besok said...
February 2, 2016 at 5:11 PM

beuh keren euy. ane pengen nih ke tempat wisata begini gan.. daripada liburan berenang ke waterboom atau ke tempat2 lainnya. lebih baik liburan ke wisata alam gini.. mantap gan :)


Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks