Saturday, October 12, 2013

Kecamatan Kendal

Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal


Kecamatan Kendal
Kecamatan kendal
Kecamatan yang secara administratif masuk dalam lingkup wilayah Kabupaten kendal ini secara geografis Kecamatan kendal terletak pada 1090 54’ s/d 1090 59’ BT  dan 60 32’ s/d  70 41’ LS dengan luas wilayah 27.50 Km2. Secara geografis Kecamatan kendal berbatasan langsung dengan :
- Batas Utara : Laut Jawa,
- Batas Timur : Kecamatan Brangsong,
- Batas Selatan : Kecamatan Ngampel,
- Batas Barat : Kecamatan Patebon.
Jarak dari Kecamatan kendal ke beberapa kota:
- Kota Propinsi Jawa Tengah : 29 Km
- Kota Kabupaten Kendal : 0 Km
- Kota Kecamatan Pegandon : 10 Km
- Kota Kecamatan Patebon : 5 Km
- Kota Kecamatan Brangsong : 5 Km




Topografi
Secara umum topografi di Kecamatan kendal relatif datar dengan kemiringan lereng 0 – 2%, dan ketinggian tanah antara 0 – 4 m. Wilayah Kota Kecamatan Kendal sendiri yang berada di pesisir utara pulau Jawa dengan pola aliran air sejajar menuju ke pantai utara laut jawa. Kondisi tersebut sangat rawan terhadap bahaya banjir, terutama pada wilayah daerah cekungan disamping dengan daerah tangkapan air (catchment area). Selain itu, apabila banyak dilakukan pembangunan dengan perkerasan yang semakin mengurangi daerah tangkapan serta pendangkalan dan penyempitan aliran sungai akan semakin memperbesar kemungkinan terjadinya banjir di wilayah ini.
Jenis Tanah
Klasifikasi jenis tanah pada umumnya dibagi menjadi dua, yaitu klasifikasi teknis dan klasifikasi alami. Klasifikasi teknis adalah klasifikasi tanah yang didasarkan pada sifat-sifat tanah yang berpengaruh pada kemampuan tanah untuk penggunaan tertentu. Klasifikasi teknis sering disebut klasifikasi kemampuan atau kesesuaian lahan.
Klasifikasi alami adalah klasifikasi tanah yang berdasarkan atas sifat tanah yang dimilikinya tanpa menghubungkan dengan tujuan penggunaan tanah tersebut. Klasifikasi ini memberikan gambaran dasar sifat fisik, kimia dan minerologi tiap-tiap tanah yang dapat digunakan sebagai dasar pengolahan untuk berbagai penggunaan lahan. 
Jenis tanah yang terdapat di Kecamatan Kendal antara lain Alluvial yaitu jenis tanah yang bersifat hidromorf dan berwarna kelabu, coklat dan hitam dengan produktifitas rendah sampai tinggi dan digunakan untuk pertambakan, pertanian padi dan palawija, serta permukimandan asosiasi alluvial kelabu

Geologi
Secara garis besar pengolahan tanah yang terdapat di Kabupaten Kendal khususnya di Kecamatan Kendal terdiri dari Alluvium, di dataran pantai endapan sebagian besar terdiri dari lempung dan pasir dengan ketebalan yang berbeda – beda (50 m lebih). Di sepanjang sungai terdiri dari endapan kerikil dengan bongkah – bongkah yang terkumpul didasarnya ditutupi oleh pasir dan lanau dengan ketebalan 1 – 3 m. Sebagian besar tanah terdiri dari breksi gunung api andesit muda 

Klimatologi
Letak geografis Kecamatan kendal yang berada pada 1090 54’ s/d 1090 59’ BT  dan 60 32’ s/d  70 41’ LS, maka Kecamatan kendal termasuk beriklim tropis, dengan suhu udara pagi / siang hari 31°C dan sore / malam hari 26°C. 
Banyaknya curah hujan di Kecamatan kendal pada tahun 2008 tertinggi pada bulan Februari sebesar 133 mm/bln dan terendah di bulan Juli sebesar 0 mm/bln, pada tahun 2009 tertinggi pada bulan Februari sebesar 873 mm/bln dan terendah di bulan Agustus-Oktober sebesar 0 mm/bln, pada tahun 2010 tertinggi pada bulan Januari sebesar 481 mm/bln dan terendah di bulan Juli  sebesar 59 mm/bln , pada tahun 2011 tertinggi pada bulan Januari sebesar 437 mm/bln dan terendah di bulan Agustus sebesar 0 mm/bln. Dengan curah hujan rata-rata yaitu 1.587 mm/th dengan jumlah hari hujan rata-rata 165 hari/th.  

Bencana Alam dan Kerusakan Lingkungan
Kawasan rawan bencana yang ada di kawasan Kecamatan Kendal antara lain kawasan rawan bencana banjir, kawasan rawan bencana rob/abrasi dan rawan bencana gelombang pasang. 

Tags:

0 Responses to “Kecamatan Kendal ”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks