Thursday, September 15, 2011

Desa Plajan Jepara

 Desa Plajan 
Pakis Aji Jepara


Berada di kaki Gunung Muria, Desa Plajan terletak di sebelah timur Ibukota Kabupaten Jepara. Jarak tempuh ke Ibu kota Kecamatan Pakis Aji kurang lebih 5 Km dan ke Ibu Kota Kabupaten kira-kira 22 Km dan dapat ditempuh kendaraan dengan waktu tempuh ± 30 menit. Letak Pusat Pemerintahan Desa berada pada 06.58315 LS dan 110.78576 BT (diukur dengan alat GPS pada tanggal 25 Juli 2009 oleh Tim Pemerintah Desa).

Desa Plajan memiliki luas wilayah daratan 1,0445 Km² dan tidak memiliki wilayah pantai. Secara administratif, wilayah Desa Plajan terdiri atas 43 RT dan 7 RW, meliputi 24 dukuh dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:
1.    Desa Guyangan Kecamatan Bangsri, Desa Lebak Kecamatan Pakis Aji di sebelah barat,
2.    Desa Kepuk Kecamatan Bangsri di sebelah utara,
3.    Desa Tanjung Kecamatan Pakis Aji di sebelah selatan, dan
4.    Desa Tanjung Kecamatan Pakis Aji di sebelah timur.

Peta Desa PlajanSecara topografi, Desa Plajan dapat dibagi dalam dua wilayah, yaitu wilayah daratan rendah dan wilayah perbukitan. Wilayah terendah adalah wilayah RT 43, RW II, dan daerah yang tertinggi adalah di wilayah RT 39, RW VI yang merupakan daerah perbukitan. Desa Plajan memiliki variasi ketinggian antara 200 m sampai dengan 400 m dari permukaan laut. Suhu udara sekitar 18 – 25 °C dengan curah hujan berkisar 4 – 25 mm.
Air permukaan berupa sungai-sungai yang bersumber dari Gunung Muria. Aliran air permukaan lancar karena pengaruh kontur (topografi) yang memungkinkan tidak muncul genangan. Selain air sungai yang bersumber dari gunung, juga terdapat air permukaan yang bersumber dari mata air (masyarakat Plajan menyebutnya belik). Belik-belik tersebut sebagian mengalir membentuk sungai-sungai kecil. Belik merupakan salah satu sumber utama bagi kebutuhan air bersih warga desa

Struktur ruang Desa Plajan terbentuk dari permukiman dan jaringan jalan yang terbentuk secara organik (alami) tanpa didahului dengan perencanaan menyeluruh, seperti ciri struktur ruang wilayah pedesaan pada umumnya di Indonesia. Pusat-pusat permukiman ditandai dengan mengumpulnya rumah-rumah (hunian) yang menyatu dengan tegalan yang mengikuti pola jaringan jalan. Pusat permukiman yang utama adalah pasar desa (Pasar Suwaluh) yang terletak di bagian tengah desa dan berfungsi sebagai pusat kegiatan ekonomi desa. Selain itu pusat permukiman yang utama adalah Balai Desa Plajan yang berlokasi tidak jauh dari pasar (+ 700 meter) sebagai pusat pelayanan administrasi pemerintahan desa. 

Pola ruang desa dicirikan dengan fungsi budidaya dan fungsi lindung. Fungsi budidaya meliputi fungsi rumah sebagai hunian, fungsi perdagangan (dicirikan dengan pasar dan kios/toko), fungsi pemerintahan (dicirikan dengan Balai desa), fungsi pelayanan sosial dan budaya (dicirikan dengan sekolah, puskesmas, dan tempat ibadah), fungsi ekonomi (dicirikan dengan usaha/industri). Sedangkan fungsi lindung yang paling menonjol adalah daerah sempatan sungai yang bertebing curam.

Jumlah penduduk Desa Plajan berdasarkan pemetaan swadaya tahun 2010 adalah 7098 jiwa, terdiri dari 3533 penduduk laki-laki dan 3565 penduduk perempuan dengan komposisi sebagai berikut:
1.    Usia produktif atau usia kerja merupakan kelompok terbesar dengan prosentase 59,2%.
2.    Usia sekolah memiliki prosentase terbesar kedua dengan 18,9%.
3.    Usia tua memiliki prosentase 12,6%.
4.    Usia balita dengan prosentase terkecil 9,3%.

Pemeluk agama mayoritas adalah Islam dengan 93,7%, disusul pemeluk Kristen sebesar 0,6%, Pemeluk Hindu sebesar 5,6% dan Pemeluk Budha sebesar 0,1%. Sebuah fakta yang menarik bahwa di sebuah desa yang berada di kaki Gunung Muria ini memiliki keberagaman agama dan kepercayaan yang masing-masing memiliki aktivitas beribadah dan memiliki tempat ibadah masing-masing yang tersedia di Plajan (kecuali Wihara di desa tetangga, Desa Tanjung). Keberagaman agama tercermin dalam sikap saling menghormati aktivitas ibadah masing-masing dan menjadi nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Plajan

Tags:

0 Responses to “Desa Plajan Jepara”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks