Wednesday, February 2, 2011

Pasar Apung Demaan

Pasar Apung Demaan
Pasar Apung Demaan merupakan salah satu pasar yang ada di Kelurahan Demaan Kecamatan Jepara yang cukup terkenal. Berbeda dengan pasar apung yang berada di daerah Kalimantan, dimana para pedagang menjajakan dagangannya di atas perahu, Pasar Apung yang berada di dekat Pantai Kartini tersebut berupa bangunan pasar yang dibangun melintang di atas Sungai Kanal.

Pasar yang dibangun pada tahun 2009 ini dibangun dengan menggunakan dana bantuan dari Kementerian Koperasi sebesar Rp 1 miliar. Tujuan dari pembangunan pasar apung ini sebenarnya adalah untuk menampung pedagang-pedagang yang berjualan di pinggir jalan di sekitar TPI Demaan yang sering membuat macet pada saat pagi hari.

Pasar Apung JeparaBerbeda degan pasar-pasar yang lain, bangunan pasar ini tergolong megah  dengan arsitektur bangunan mirip restoran dan dapat digunakan untuk melepas penat sambil melihat aktivitas nelayan maupun kapal-kapal nelayan yang bersandar  dan menikmati matahari tenggelam di ufuk barat Laut Jawa. Pada tahap perencanaan, Pasar Apung Demaan Jepara bisa dioperasikan dari pagi hingga malam hari dan bisa dijadikan sebagai tempat wisata alternatif. Dan untuk itu, Pemerintah Kabupaten Jepara membangun pedestrian tepi sungai di sisi utara pasar apung yang bisa melengkapi penggunaan kawasan tersebut untuk aktivitas masyarakat.

Tags:

0 Responses to “Pasar Apung Demaan”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks