Wednesday, November 17, 2010

Kelurahan Demaan Kecamatan Jepara

Kelurahan Demaan Jepara
Kelurahan Demaan merupakan salah satu kelurahan yang terletak di Kecamatan Jepara Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah. Kelurahan yang terletak di salah satu pusat Kota Jepara ini merupakan kawasan pesisir yang berada di wilayah perkotaan, dengan berbagai macam ciri-ciri atau karakteristik kota yang mendominasi. Kelurahan Demaan mempunyai luas 80,8 Ha atau 2,42 % dari luas Kecamatan Jepara dan 0,06 % dari luas Kabupaten Jepara. Adapun batas-batas administratif Kelurahan ini adalah sebagai berikut :
Sebelah Utara       :   Kelurahan Kauman
Sebelah Timur      :   Kelurahan Potroyudan
Sebelah Selatan    :   Sungai Gandu
Sebelah Barat       :   Laut Jawa

Kelurahan yang dekat dengan kawasan wisata Pantai Kartini ini terbagi dalam 7 RW dan 22 RT dengan luas keseluruhan 80,8 Ha.  Wilayah Kelurahan Demaan tergolong dalam iklim tropis, yakni iklim tipe D (Schenit Ferguson), dengan ciri-ciri bulan kering selama sembilan bulan dan tiga bulan basah yang dipengaruhi oleh iklim Marine. Sedangkan temperatur udara bervariasi antara 24oC - 35oC, dengan kelembaban nisbi antara 60 – 90 %.  Curah hujan rata-rata  berkisar antara 2.000-2.500 mm/tahun yang termasuk dalam katagori curah hujan rendah.

Kelurahan Demaan
juga dilalui oleh dua sungai yaitu, Sungai Gandu dan Sungai Kanal. Oleh karena itu, kawasan ini merupakan Daerah Aliran Sungai. Sungai Kanal memiliki lebar ± 28 meter, sedangkan Sungai Gandu memiliki lebar ± 15 meter. Kedua sungai tersebut berfungsi sebagai sandaran bagi kapal-kapal nelayan yang hendak berlayar ke Laut Jawa.

Kegiatan ekonomi penduduk di Kelurahan ini cukup beragam yang dapat dibagi menjadi beberapa aktivitas, yaitu :
a)    Perikanan Laut
Sesuai dengan letaknya yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa, kegiatan ekonomi penduduk di Kelurahan Demaan adalah dari kegiatan perikanan laut. Hal tersebut juga terlihat dari banyaknya penduduk yang bermata pencaharian sebagai nelayan, terutama di sekitar Laut Jawa, yaitu di RW 4 dan RW 5. Berbagai hasil laut yang diusahakan oleh masyarakat di tempat ini antara lain ikan laut, udang, kepiting, kerang, cumi-cumi, dan lain-lain. Dengan adanya kegiatan perikanan laut tersebut ternyata memberi dampak terhadap munculnya kegiatan-kegiatan perekonomian baru seperti indutsri pengolahan ikan dan juga perdagangan ikan.
   
b)    Perdagangan dan Jasa
Kegiatan ekonomi lain yang ada di Kelurahan yang pada tahun 2010 berpenduduk5.121 jiwa ini  adalah perdagangan dan jasa, terutama terletak di sepanjang jalan-jalan utama. Kegiatan perdagangan rata-rata berupa perdagangan ritel. Kegiatan perdagangan yang mendominasi antara lain perdagangan hasil ukir, meubel, ikan segar, ikan bakar, dan juga kelontong. Sedangkan kegiatan jasa yang terdapat di Kelurahan Demaan antara lain adalah LBH, jasa menjahit, salon, warung makan, rental mobil, bengkel, dll.
   
c)    Industri
Kegiatan industri pengolahan yang ada cukup beragam, mulai dari industri rumah tangga, industri kecil, sedang hingga besar. Sedangkan jenis kegiatan industri pengolahan yang terdapat di Kelurahan ini antara lain industri pengolahan ikan (pengasapan ikan dan pembuatn kerupuk ikan), meubel, ukir kayu, dan beberapa jenis industri lainnya.

Tags:

0 Responses to “Kelurahan Demaan Kecamatan Jepara”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks