Saturday, January 2, 2010

Kabupaten Hulu Sungai Utara

Kabupaten Hulu Sungai Utara



Kabupaten Hulu Sungai Utara
Kabupaten Hulu Sungai Utara merupakan salah satu kabupaten yang berada di Propinsi Kalimantan Selatan dengan luas wilayah seluruhnya 892,7 km persegi atau hanya 2,38 % dari luas propinsi Kalimantan Selatan. Secara umum Kabupaten yang berada di kawasan rawa-rawa ini terletak pada koordinat 2° sampai 3° Lintang Selatan dan 115° sampai 116° Bujur Timur. 

Adapun batas-batas wilayah Kabupaten Hulu Sungai Utara adalah sebagai berikut:
Sebelah Utara        :   Propinsi Kalimantan Tengah dan kabupaten Tabalong
Sebelah Selatan     :   Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Tengah
Sebelah Timur        :   Kabupaten Balangan
Sebelah Barat        :   Kabupaten Barito Selatan Propinsi Kalimantan Tengah.

Dari total luas wilayah yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara, sebagian besar terdiri atas dataran rendah yang digenangi oleh lahan rawa baik yang tergenang secara monoton maupun yang tergenang secara periodik. Kurang lebih 570 km persegi adalah merupakan lahan rawa dan sebagian besar belum termanfaatkan secara optimal. 

Wilayah Kabupaten yang beribukota di Amuntai ini terbagi dalam 10 kecamatan, yakni Kecamatan Amuntai Tengah dengan luas wilayah 56,99 km2 ; Kecamatan Amuntai Selatan dengan luas wilayah 183,16 km2 ; Kecamatan Amuntai Utara dengan luas wilayah 45,00 km2 ; Kecamatan Danau Panggang dengan luas wilayah 224,49 km2; Kecamatan Babirik dengan luas wilayah 77,44 km2 ; Kecamatan Sungai Pandan dengan luas wilayah 45,00 km2 ; dan Kecamatan Banjang dengan luas wilayah 41,01 km2. Kecamatan Paminggir dengan luas wilayah 156 km2 ; kecamatan Haur Gading dengan luas wilayah 34,15 km2 dan Kecamatan Sungai Tabukan dengan luas wilayah 29,24 km2. Secara keseluruhan, di Kabupaten HSU terdapat 219 desa dan 5 kelurahan yang terbagi atas 3 klasifikasi yakni desa Swadaya sebanyak 5 desa dan desa Swasembada sebanyak 214 desa. Untuk klasifikasi LKMD terbagi 3 yaitu Klasifikasi I ,II. III sejumlah 219 desa.

Kabupaten Hulu Sungai Utara merupakan wilayah yang terdiri dari dataran Sungai Utara dan memiliki potensi untuk berkembang sebagai daerah pertanian karena berada di dataran  rendah dengan ketinggian berkisar antara 0 – 25 meter dari permukaan laut. Dari kisaran ketinggian dari permukaan laut tersebut, luasan yang terbesar yang dirinci pada setiap Kecamatan. Terdapat hanya ada satu kelas kelerengan di Hulu adalah yang berkisar antara 0-7 meter di atas permukaan laut. Terdapat luasan sebesar Sungai Utara, yakni kelas kelerengan antara 0 – 2 % pada seluruh kecamatan yang ada 91.350 hektar luas wilayah yang berada pada ketinggian 0-7 meter dari permukaan laut.
Peta Hulu Sungai Utara

Jenis batuan yang terdapat di Kabupaten ini meliputi kuarter (89.013 Ha), Misozoikum, Neopleosin, Meosin, batuan beku dalam dan Paleogen. Kabupaten Hulu Sungai Utara memiliki beberapa jenis tanah yaitu : Podsolik, Alluvial, Orgonosol, Latosol. Jenis-jenis tanah tersebut memiliki karakter yang berbeda-beda, misalnya jenis tanah alluvial dan Orgonosol Gleihumus merupakan jenis tanah dengan tingkat kesuburan yang tinggi dan juga tidak peka terhadap erosi sehingga sangat potensial untuk pertanian, dan sisanya memiliki tingkat kesuburan yang rendah.

Hasil perekonomian yang menjadi andalan Kabupaten ini antara lain di Itik alabio dan kerbau Rawa yang merupakan hewan khas daerah tersebut, perikanan, perkebunan (sawit) dan pertambangan.

Tags: ,

0 Responses to “Kabupaten Hulu Sungai Utara”

Post a Comment

Subscribe

Mau berlanganan ? Silahkan masukkan emailmu di sini

© 2013 Fotopedia. All rights reserved.
Designed by SpicyTricks